Senin, 14 November 2011

Manisan Kulit Jeruk - Candied Orange Peel


Sejak melihat artikel mengenai manisan kulit jeruk di beberapa web atau blog membuat saya menjadi penasaran dengan rasanya. Apakah selezat tampilannya yang sangat menggoda ataukah getir dan pahit sebagaimana kulit jeruk seharusnya. Irisan-irisan kulit jeruk berselimut gula dengan warna oranye atau kuning yang cerah ini memang membuat mata menjadi tak jemu memandang dan air liur menetes. Walaupun telah lama resep ini berada dalam koleksi resep di notebook, namun baru kemarin saya mencoba membuatnya. Itupun setelah meyakinkan diri dengan menonton tayangan video di web About.com. Sedikit terjadi accident saat proses pembuatannya namun akhirnya manisan kulit jeruk ini jadi dengan sempurna. Walaupun tertutupi oleh gula namun rasa getir kulit jeruk masih sedikit terasa, mungkin gula yang saya gunakan kurang banyak saat merebusnya. Namun yang jelas, manisan ini cukup oke untuk memanfaatkan kulit jeruk yang selama ini hanya teronggok di tong sampah.



Untuk membuat manisan ini saya menggunakan jenis jeruk sunkist atau jeruk berwarna oranye dengan kulit yang agak tebal. Saya belum mencoba jenis jeruk berkulit tipis seperti jeruk keprok. Kupas jeruk dengan hati-hati agar tidak sobek dan buang sebanyak mungkin bagian kulitnya yang berwarna putih, bagian yang seperti sponge ini membuat manisan terasa getir. Tadi saya menyebutkan terjadi accident saat membuatnya, nah ini karena saya lupa membuang bagian kulit dalamnya ini. Kulit jeruk langsung saya iris-iris memanjang. Saya baru teringat setelah kulit direbus dalam air, akibatnya saya harus menghilangkannya satu persatu di setiap potongan. Untung hanya dua butir jeruk!


Manisan kulit jeruk ini selain sedap sebagai camilan juga mantap sebagai campuran cookies dan cake buah atau cake lainnya. Cacah kulit jeruk menjadi ukuran kecil dan masukkan ke dalam adonan kue atau cookies. Untuk penyimpanannya, masukkan dalam kantung plastik atau stoples, tutup rapat dan simpan dalam kulkas. Selain kulit jeruk saya pernah menampilkan manisan jahe/candied ginger, anda bisa klik disini untuk melihat resepnya.

Berikut resepnya ya.



Manisan Kulit Jeruk
Resep diadaptasikan dari web About.com - Candied Orange Peel

Bahan:
- 2 butir jeruk sunkist, ambil kulitnya
- 200 gram gula pasir untuk merebus
- 300 ml air
- 100 gram gula pasir untuk taburan

Cara membuat:


Kerat permukaan kulit jeruk menggunakan pisau tajam hingga pisau menyentuh bagian daging buah, buat beberapa keratan mulai dari ujung jeruk hingga pangkal. Saya membaginya menjadi 4 bagian. Kupas kulit jeruk mengikuti keratan yang telah dibuat, hati-hati jangan sampai kulit jeruk sobek. Lakukan pada jeruk lainnya.

Buang bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih seperti sponge sebanyak mungkin, jika ada bagian putih yang masih menempel biarkan saja. Potong-potong kulit jeruk secara membujur dengan lebar 1/2 cm.


Siapkan panci, masukkkan 500 ml air rebus hingga air mendidih. Masukkan kulit jeruk, rebus hingga kulit berubah warna, sekitar 5 -10 menit. Tiriskan kulit jeruk dan buang air rebusan. Ulangi lagi proses merebus satu kali lagi, kemudian tiriskan.


Masukkan air sebanyak 300 ml ke dalam panci, tambahkan gula pasir, rebus hingga mendidih. Masukkan kulit jeruk, kecilkan api kompor hingga air rebusan hanya mengeluarkan letupan-letupan kecil saja dan rebus kulit jeruk dalam air gula hingga air tersisa kurang dari setengahnya. Jangan mengaduk-aduk kulit jeruk selama perebusan agar gula tidak mengkristal.

Angkat panci dari api kompor dan biarkan kulit jeruk dingin dalam larutan gula. Tiriskan kulit jeruk dengan meletakkannya diatas saringan kawat atau kawat berlubang seperti yang saya gunakan.

Siapkan piring, tuangkan 100 gram gula keatasnya, lumuri kulit jeruk dalam gula pasir hingga semua permukaan kulit tertutupi. Tata kulit jeruk diatas loyang beralas kertas minyak dan biarkan hingga kering. Saya mendiamkannya selama semalam.

Jika gula telah kering dan kulit jeruk terasa kaku dan tidak lembab, masukkan kedalam kantung plastik atau stoples, tutup rapat dan simpan di kulkas. Manisan kulit jeruk siap untuk digunakan dalam aneka kue, atau cake dan mantap juga sebagai camilan. Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar